Penyusunan naskah-naskah ilmiah lazimnya membutuhkan daftar isi selaku isyarat dalam mendapatkan halaman yang dituju. Termasuk naskah makalah dan skripsi yang syarat akan isi dan informasi. Tidak jarang bila disaat proses penyusunan skripsi atau makalah kita mendapati diri kita kesusahan dalam menertibkan format-format penulisan yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah/kampus.
Banyaknya peraturan dan tata penulisan yang ditetapkan, menghasilkan Anda mesti mengingat-ingat kembali bahan seputar pelajaran komputer di saat sekolah dulu. Anda mesti senantiasa paham betul cara-cara penulisan dasar Ms Word. Termasuk cara menghasilkan daftar isi manual di Ms word.
Pembuatan daftar isi sanggup ditangani lewat dua cara, yakni cara manual dan otomatis. Jika Anda sudah mulai menyusun skripsi Anda dan sedang mencari tahu tindakan penulisan daftar isi untuk skripsi, simak beberapa langkah di bawah ini.
Cara Membuat Daftar Isi Manual di Ms Word
Menyusun daftar isi secara manual rupanya lebih banyak ditangani oleh para siswa dan mahasiswa disaat menyusun laporan maupun makalah. Penyusunan daftar isi secara manual memiliki keunggulan caranya yang sungguh mudah, tidak ribet dan pastinya akan sanggup dikenang dan ditangani oleh siapa saja.
Cara menghasilkan daftar isi manual di Ms Word sanggup ditangani dengan tindakan selaku berikut.
-
Hal pertama yang mesti ditangani yakni membuka dokumen word Anda.
-
Setelah itu, tentukan tersedia ruler di atas performa kertas word. Jika belum ada, Anda sanggup memunculkannya dengan cara klik santapan View pada bar, kemudian beri tandang checklist pada opsi Ruler di grup Show. Dengan begitu performa ruler akan eksklusif timbul di atas lembar kerja dokumen word.
-
Selanjutnya, tentukan kursor berada di halaman daftar isi yang akan dibuat. Lalu ketik judul halaman "DAFTAR ISI". Kemudian teruskan dengan mengetik seluruh item yang akan di muat pada daftar isi. Jika sudah selesai, langkah berikutnya yakni memberi nomor halaman pada setiap item daftar isi, blok seluruh goresan pena tersebut.
-
Jika sukses diblok, arahkan kursor menuju santapan Home.
-
Kemudian klik tanda panah kecil di pojok kanan bawah Paragraph, maka secara otomatis akan ditampilkan dialog box Paragraph. Temukan tombol Tabs pada penggalan pojok kiri bawah, kemudian klik.
-
Akan dimunculkan kotak pembicaraan Tabs dan isi batas titik-titik yang dikehendaki dalam daftar isi, lazimnya orang-orang akan mengisi 15 pada opsi Tabs Stop Position, pilih Right pada santapan Alignment dan klik angka 2 pada opsi santapan Leader. Jika semua sudah terisi, klik Set dan OK.
-
Setelah itu, buat titik-titik dengan cara tekan tab di sebelah item-item daftar isi. Misalnya di sebelah kata pengirim tekan TAB. Maka secara otomatis akan timbul titik-titik daftar isi yang siap untuk dibubuhi angka halaman secara manual. Anda sanggup menyertakan titik-titik secara manual bila merasa titik pada daftar isi tersebut masih kurang. Praktis bukan?.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms Word
Kelebihan dari daftar isi otomatis yakni penyusunan daftar isinya yang lebih rapi dan tidak ada lagi pembubuhan angka secara manual yang terus-terusan. Namun semestinya kita buat nomor halaman dahulu di setiap halamannya, silahkan baca cara menghasilkan halaman berlawanan di Word bila ingin menghasilkan daftar isi untuk skripsi. Walaupun caranya lebih ribet dibandingkan cara menghasilkan daftar isi manual di Ms Word, tetapi hasil final dari otomatis lebih rapi.
-
Langkah pertama yang wajib ditangani sebelum menertibkan daftar isi sudah niscaya yakni membuka dokumen word yang akan diatur.
-
Jika pada cara manual Anda diharuskan mengetik bab-bab yang akan dijadikan daftar isi, maka pada cara otomatis Anda tidak perlu menuliskan apapun pada lembar daftar isi, cukup tuliskan judul halamannya saja, yakni “DAFTAR ISI”.
-
Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk menghasilkan Style Heading. Caranya yakni dengan blok Bab / Sub Bab yang akan dijadikan selaku item pada daftar isi.
-
Arahkan kursor menuju santapan Home, kemudian cari santapan yang tersedia Heading Style, setelah itu pilih Style Heading nomor 1.
-
Atur heading sesuai dengan format yang Anda inginkan, alasannya format Heading inilah yang nanti akan terus ada di setiap Bab / Sub Bab dokumen Anda. caranya dengan klik opsi Apply Styles hingga timbul kotak pembicaraan Apply styles, kemudian klik Modify.
-
Akan ditampilkan kotal pembicaraan Modify Style, disitu Anda diarahkan untuk mengganti format Bab sesuai dengan yang diinginkan.
-
Kemudian klik tombol Format pada penggalan pojok kiri bawah kotak pembicaraan Modify Style untuk menghasilkan format penomoran yang diinginkan.
-
Lakukan seluruh langkah ini pada Heading 1 , 2 dan seterusnya sesuai dengan berapa heading yang Anda butuhkan.
-
Dengan begitu, pengerjaan daftar isi otomatis sudah selesai.
Itulah beberapa cara menghasilkan daftar isi manual di Ms Word dan cara menghasilkan daftar isi otomatis di Ms Word. Walaupun masing-masing cara memiliki kelemahan dan kelebihan, tetapi tidak ada salahnya untuk terus mencar ilmu mengaplikasikan kedua cara tersebut biar ilmu yag dimiliki seputar pengaturan word bertambah banyak dan berkembang.