Aplikasi lazim yang dipahami dan dipakai untuk menghasilkan tabel yakni word. Padahal excel dan power point sanggup juga dipakai selaku aplikasi pilihan untuk menghasilkan tabel. Walaupun ketiganya mendatangkan fitur pengerjaan dan rancangan yang berbeda.
Contohnya microsoft excel, selain menawarkan pengerjaan juga mendatangkan fitur pemformatan tabel terhadap pengguna, bahkan pilihan pembuatan lebih lanjut dari isi / data tabel menyerupai keperluan merancang grafik, pembuatan data, pengerjaan database, dsb sanggup dengan segera dijalankan disana.
Begitu halnya dengan power point. Walaupun fitur yang diberikan cuma persyaratan tapi cukup mumpuni dalam merancang tabel selaku penunjang presentasi. Kebanyakan tabel yang dibentuk di word dan power point tidak untuk dimanipulasi dan diolah.
Meskipun demikian, pada kenyataannya tak sedikit yang memakai word selaku aplikasi utama dalam menghasilkan tabel. Kok bisa?? Walaupun microsoft word dipahami selaku aplikasi pengolah kata tapi bukanlah suatu hal asing mengingat tabel yang dibentuk di word akan diisi dengan data seadanya. Pakai excel malah jadi ribet, gonta ganti aplikasi lagi. Padahal kita mengharapkan performa tabel yang sederhana saja.
Bila teman-teman kadung jatuh hati pada pemakaian word tapi terkendala oleh alasannya yakni kurang tahu menahu cara menghasilkan tabel, tak perlu khawatir. Melalui postingan ini, saya akan memberi bimbingan terhadap teman-teman biar sedikit terbantu dan lebih gampang dalam membuatnya. Namun sebelumnya simaklah penjelasan berikut.
Apa itu Tabel?
Tabel yakni sekelompok garis yang dibentuk secara vertikal dan horizontal dengan jarak tertentu dan saling menyilang satu sama lain sehingga membentuk kolom dan baris yang didedikasikan selaku penulisan data / teks / angka, pemuatan gambar, dsb. Sajian data pada tabel biasanya memberi informasi / penjelasan dan disusun secara sistematis dan terurut menurut satuan tertentu.
Manfaat Tabel
Beberapa faedah menghasilkan tabel pada dokumen, yaitu:
1. Untuk memberi informasi yang ringkas terhadap pembaca terkait isi / naskah dokumen
2. Sebagai data penunjang untuk keperluan rancangan grafik
3. Mempermudah pembaca dalam mengerti bacaan
Cara Membuat Tabel di Word
Berikut ini yakni beberapa metode yang sanggup dipakai selaku alternatif cara menghasilkan tabel di dokumen Microsoft Word. Silahkan pilih salah satu metode yang menurut sobat gampang dan sesuai dengan kebutuhannya.
Menggunakan Grid Kolom dan Baris
Cara cepat / gampang dan biasa dipakai yakni mempergunakan grid kolom dan baris yang sudah tersedia secara otomatis. Inilah langkah-langkahnya:
-
Bukalah aplikasi microsoft office word 2007 / 2010 / 2013 / 2016.
-
Arahkan dan letakkan kursor sesuai keinginan. Posisi kursor selaku kawasan dimulainya penyisipan tabel.
-
Pilih INSERT kemudian klik Table, kemudian akan timbul mini toolbar yang memperlihatkan grid kolom dan baris tabel. Silahkan gerakkan pointer mouse ke arah kanan bawah untuk menyorot banyak kolom dan baris yang diinginkan.
Cara menghasilkan tabel di word dengan grid kolom dan baris
Ukuran tabel yang disorot akan timbul diatas mini toolbar misalnya 6x7 Table artinya banyak kolom tabel yakni 6 dan baris ada 7. Saat disorot, tabel eksklusif dibentuk dan diubahsuaikan ukurannya secara otomatis pada lembar kerja dokumen word. Sayangnya, ukuran tabel jikalau memakai cara ini terbatas cuma hingga 10x8 saja.
Cara ini sungguh efektif jikalau jumlah kolom dan baris tabel tidak banyak.
-
Jangan lupa untuk mengendalikan lebar kolom dan baris tabel.
-
Selesai!!! Lanjutkan mengetik data / teks / isi tabel.
Melalui Jendela Insert Table
Tabel yang disisip didokumen word juga sanggup dibentuk dengan memakai fitur Insert Table. Fitur ini akan ditampilkan lewat suatu jendela dengan ukuran tabel (jumlah kolom dan baris) yang sanggup diputuskan sendiri oleh pengguna.
Berikut tindakan untuk menghasilkan tabel lewat jendela insert table:
-
Bukalah aplikasi microsoft office word 2007 / 2010 / 2013 / 2016.
-
Posisikan kursor disebuah kawasan dimana sobat akan menyisipkan tabel.
-
Pilih INSERT kemudian klik tombol Table, pada santapan drop-down yang tampil silahkan pilih Insert Table
Cara menghasilkan tabel di word dengan jendela insert table
-
Akan timbul jendela menyerupai berikut:
Jendela insert table word
-
Silahkan ketik banyak kolom tabel di Number of columns dan banyak baris di Number of rows
-
Jika sudah selesai jangan lupa klik OK untuk mengakhiri. Sekarang lembar dokumen word sobat sudah tersisip tabel. Silahkan teruskan dengan mengendalikan rancangan dan mengetik isi tabel..
Menggambar Menggunakan Draw Table
Alternatif lain untuk menghasilkan tabel sanggup dijalankan dengan cara menggambarnya di lembar kerja dokumen word memakai fitur Draw Table. Cara ini cukup efektif bahu-membahu mengingat aplikasi microsoft word memberi fleksibilitas terhadap pengguna untuk menyesuaikan sendiri ukuran dan bentuk tabel.
Berikut tindakan yang sanggup sobat lakukan untuk menggambar tabel di dokumen word:
-
Silahkan buka aplikasi microsoft office word 2007 / 2010 / 2013 / 2016.
-
Pilih INSERT kemudian klik tombol Table teruskan dengan menegaskan Draw Table
Cara menghasilkan tabel di word dengan draw table
Pilihan ini akan merubah performa kursor menjadi pensil. Menggambar memang pakai pensil kan?? hehehehe
-
Mulailah menggambar tabel dengan cara klik kiri mouse kemudian tahan kemudian geser mouse kesebelah kanan bawah.
Adapun yang menjadi canvasnya yakni lembar kerja dokumen word. Silahkan sobat gambar tabel sesuai kebutuhan. Tabel digambar dengan garis, sanggup secara vertikal maupun horizontal.
Contoh tabel yang digambar dengan draw table
-
Bila sudah selesai, silahkan klik bebas diluar area tabel untuk menyelesaikan dan mengembalikan bentuk kursor menyerupai semula.
Mengonversi / Mengubah Data Teks ke Tampilan Tabel
Walaupun cara ini jarang digunakan, tapi cukup menolong jikalau sobat ingin merubah performa teks yang sudah diketik ke bentuk performa tabel. Sobat tidak lagi kelelahan memindahkan satu per satu kata/kalimat teks yang ada ke dalam tabel.
Hanya saja, perlu sobat pahami bahwa teks yang diubah mesti disusun rapi dan terorganisir apalagi dahulu, kemudian dipisah dengan karakter tertentu menyerupai koma / tabs / hyphen / ampersand. Standarnya, jarak spasi / pemisah antar teks di word dijalankan dengan menekan tombol Tab
Berikut cara untuk mengonversi teks ke tabel, yaitu:
-
Bukalah aplikasi microsoft office word 2007 / 2010 / 2013 / 2016.
-
Pilih teks yang mau diubah ke tabel, atau sanggup juga dengan mengetik teks sederhana pada dokumen word menyerupai pola berikut. Teks dipisah memakai karakter tabs.
Contoh teks yang diubah ke tabel
-
Kemudian blok atau seleksi teks, kemudian pilih INSERT seterusnya Table terakhir Convert Text to Table
Cara merubah teks word ke tabel
-
Akan timbul suatu jendela. Silahkan ketik banyak kolom (biasanya terisi otomat) pada Number of columns, kemudian pada bab Separate text at silahkan klik pilihan Tabs. Ini berniat untuk memberitahu pada aplikasi word bahwa pemisah teks yang kita gunakan yakni tabs. Akhiri dengan mengklik OK
Pengaturan konversi tabel memakai karakter tabs
-
Hasilnya yakni teks sudah sukses diubah / dikonversi ke tabel.
Cara konversi atau merubah teks ke tabel di word
Lanjutkan dengan mengendalikan rancangan dan rata teks tabel.
Catatan:
Bila karakter pemisah teks yang sobat gunakan yakni koma, silahkan ikuti pengaturan berikut:
![]() |
Pengaturan konversi tabel memakai karakter koma |
-
Tentukan banyak kolom di Number of columns.
-
Pilih AutoFit to contents untuk menyesuaikan lebar kolom dengan isi teks.
-
Pilih Other kemudian ubah nilai di kotak teks menjadi tanda koma (,).
-
Klik OK untuk menerapkan.
Menyisipkan Lembar Kerja Excel
Menyisip performa lembar kerja excel ke word maka memungkinkan kita untuk menghasilkan tabel dengan mudah. Lembar kerja (spreadsheet) yang disisip sanggup dalam kondisi kosong ataupun sudah kian diisi data.
Berikut cara yang dijalankan untuk menyisip lembar kerja excel ke dokumen word.
-
Bukalah aplikasi atau dokumen word yang mau disisip lembar kerja excel, kemudian atur dan letakkan kursor diawal halaman dokumen word.
-
Pilih INSERT kemudian Table kemudian Excel Spreadsheet
Menyisipkan lembar kerja excel ke dokumen word
-
Hasilnya yakni timbul spreadsheet kosong excel di dokumen word, berikut tampilannya:
Tampilan spreadsheet kosong excel di dokumen word
Silahkan isi teks / angka, kemudian atur format tabel menyerupai bentuk tabel, warna dan gaya garis yang digunakan, dll. Jika sudah selesai diedit, klik bebas area luar tabel untuk mengembalikan ke performa wajar dokumen word.
-
Opsi lain yakni sobat sanggup menyisip spreadsheet excel yang sudah berisi data. Hanya saja, tetapkan bahwa sobat sudah menghasilkan file excelnya lebih dahulu dan menyimpannya di folder yang gampang sobat cari.
Sobat sanggup menyisipnya dengan menegaskan INSERT kemudian Object kemudian pilih santapan drop-down Object
Memunculkan jendela Object
Akan timbul jendela Object, klik tab Create from File kemudian tombol Browse untuk menimbulkan jendela Browse. Silahkan cari lokasi file penyimpanan file excel kemudian pilih dan tekan Insert. Kembali ke jendela Browse, nama file dan lokasi penyimpanannya akan terisi otomatis di bab File name. Akhiri dengan menekan tombol OK.
Jendela Object word
Hasilnya yakni spreadsheet excel yang sudah diisi data eksklusif tampil didalam dokumen Microsoft Word.
Tampilan spreadsheet excel yang berisi data di dokumen word
-
Selesai!!!
Tips Format Tampilan Tabel Word
Tabel word yang gres dibentuk biasanya memiliki performa yang kaku dan monoton. Untuk itu kita perlu mengendalikan formatnya menyerupai memperbesar lebar kolom, meniadakan baris, mengedit huruf, memadukan sel tabel, dan lain sebagainya.
Berikut kiat untuk mengerjakan pemformatan tabel word, yaitu:
Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris
Tabel yang gres dibentuk biasanya memiliki ukuran lebar kolom dan tinggi baris yang sama. Sementara biasanya judul kolom memiliki tinggi baris yang berlainan dengan isi tabel. Ukuran ini kita sanggup tambah ataupun menguranginya dengan cara:
1. Letakkan kursor di sel yang ingin ditambah lebar kolom atau tinggi baris.
2. Klik LAYOUT kemudian pada grup Cell Size silahkan atur tinggi baris di bab Height dan lebar kolom di bab Width.
![]() |
Cara mengendalikan lebar kolom dan tinggi baris tabel word |
Mengatur Jenis dan Ukuran Huruf Tabel
Standarnya, teks pada tabel memakai jenis abjad Calibri (Body) dengan ukuran 11 pt. Sobat sanggup menggantinya dengan cara:
1. Seleksi seluruh tabel.
2. Kli santapan HOME kemudian pilih jenis abjad yang dikehendaki di bab Font, kemudian ukuran abjad di Font Size. Misalnya kita gunakan jenis abjad yang biasa dipakai yakni Times New Roman dengan ukuran 12 pt.
![]() |
Mengatur Jenis dan ukuran abjad tabel |
Mengatur Perataan Teks Tabel
Secara default, rata teks tabel yakni sebelah atas bab kiri (Top Left). Nah, sobat sanggup menggantinya menjadi rata tengah (Center) atau rata tengah kiri (Center Left), dll. Fitur ini sanggup ditemukan di santapan tab LAYOUT kemudian pilih salah satu jenis perataan teks di grup Alignment.
Menambah Baris atau Kolom
Untuk keperluan tertentu, kadang-kadang kita perlu memperbesar baris atau kolom tabel di awal, tengah ataupun dibagian simpulan tabel. Ada 3 cara yang sanggup sobat gunakan yaitu:
#1 Cara pertama: arahkan kursor keluar baris atau kolom tabel yang ingin ditambah. Untuk semua model word biasanya sama yakni tinggal klik tanda plus yang timbul menyerupai gambar berikut:
![]() |
Cara pertama memperbesar baris atau kolom tabel |
#2 Cara kedua: letakkan kursor di suatu sel, sanggup sebelum atau sehabis baris / kolom yang ditambah, kemudian klik tab LAYOUT kemudian pada grup Rows & Columns silahkan pilih salah satu pilihan yang tersedia.
Insert Above : untuk memperbesar baris tabel ke atas
Insert Below : untuk memperbesar baris tabel ke bawah
Insert Left : untuk memperbesar kolom tabel ke sebelah kiri
Insert Right : untuk memperbesar baris tabel ke sebelah kanan
![]() |
Cara kedua memperbesar baris atau kolom tabel |
#3 Cara ketiga: klik kanan disebuah sel kemudian pilih Insert kemudian klik salah satu pada pilihan yang tersedia.
Insert Columns to the Left : untuk memperbesar kolom tabel ke sebelah kiri
Insert Columns to the Right : untuk memperbesar baris tabel ke sebelah kanan
Insert Rows Above : untuk memperbesar baris tabel ke atas
Insert Rows Below : untuk memperbesar baris tabel ke bawah
Insert Cells : untuk memperbesar sel kosong ke kiri, kanan, atas dan bawah. Penambahan sel akan mensugesti perubahan pada nilai/isi sel.
![]() |
Cara ketiga memperbesar baris atau kolom tabel |
Menggabungkan Sel Tabel
Untuk penulisan judul kolom tabel atau isian data tabel tertentu, kita perlu memadukan dua atau beberapa sel. Ada dua cara yang sanggup kita gunakan yaitu:
#1 Cara pertama: blok atau seleksi 2 sel atau lebih kemudian klik tab LAYOUT kemudian klik Merge Cells
#2 Cara kedua: pilih LAYOUT kemudian klik Eraser kemudian hapus garis pemisah antar sel yang ingin digabung.
Membagi Sel Tabel
Kita juga sanggup membagi sel tabel menjadi beberapa sel. Berikut caranya.
#1 Cara pertama: letakkan kursor di sel yang ingin dibagi, kemudian klik LAYOUT kemudian Split Cells. Akan timbul suatu jendela, silahkan ketik jumlah kolom dan baris yang mau disisip didalam sel. Misalnya, sobat hendak membagi suatu sel menjadi 3 kolom, maka ketik angka 3 di Number of columns dan angka 1 di Number of rows.
#2 Cara kedua: membagi sel dengan garis. Pilih LAYOUT kemudian Draw Table, kemudian gambar garis secara tegak atau mendatar untuk membagi sel menjadi beberapa baris atau kolom.
Membagi Tabel
Bukan cuma sel saja yang sanggup dibagi, tabel juga sanggup dibagi menjadi beberapa bagian. Caranya yaitu:
1. Letakkan kursor disebuah sel. Posisi kursor aktif akan menjadi baris pertama pada tabel yang gres dibagi.
2. Pilih LAYOUT kemudian klik Split Table
3. Sekarang tabel yang sebelumnya cuma satu sudah terbagi menjadi dua. Mudahkan???
Menghapus Baris atau Kolom
Baris dan kolom tabel sanggup dihapus dengan mengarahkan kursor ke luar salah satu kolom atau baris, biasanya kursor akan menjelma tanda panah, kemudian klik untuk memilih baris ataupun kolom yang ingin dihapus. Langkah selanjutnya, ada 2 cara yang sanggup sobat gunakan, yaitu:
#1 Cara pertama: klik kanan pada area seleksi kolom atau baris kemudian klik Delete Columns atau Delete Rows.
![]() |
Cara meniadakan kolom tabel |
![]() |
Cara meniadakan baris tabel |
#2 Cara kedua: pilih LAYOUT kemudian klik tombol Delete kemudian klik Delete Columns untuk meniadakan kolom atau Delete Rows untuk meniadakan baris.
![]() |
Cara lain meniadakan baris dan kolom tabel |
Menghapus Sel Tabel
Sel yang tidak dipakai / diperlukan sanggup dihapus dengan cara:
1. Letakkan kursor di sel yang ingin dihapus.
2. Pilih santapan LAYOUT kemudian klik ▼ di bawah tombol Delete kemudian klik Delete Cells.
3. Akan timbul jendela mini yang memamerkan 4 buah pilihan, silahkan pilih salah satu saja kemudian klik OK.
Shift cells left : untuk meniadakan sel aktif dan mengalami perubahan sel ke kiri
Shift cells up : untuk meniadakan sel aktif dan mengalami perubahan sel ke atas
Delete entire row : untuk meniadakan baris sel yang sedang aktif
Delete entire column : untuk meniadakan kolom sel yang sedang aktif
Menghapus Tabel
Tak tertutup kemungkinan tabel yang sudah dibentuk tidak lagi dibutuhkan, tentu kita sanggup menghapusnya. Cara meniadakan tabel word yakni aktifkan tabel yang dihapus dengan menaruh kursor disembarang sel, kemudian klik LAYOUT kemudian klik ▼ di grup Delete kemudian klik Delete Table
Tips Desain Tabel Word
Selain mengendalikan format, kita juga sanggup mengerjakan pilihan pemanis yakni merancang performa tabel biar lebih menarik.
Berikut kiat untuk rancangan tabel word:
Aturlah Warna Judul Kolom Tabel
1. Seleksi baris judul kolom tabel.
2. Pilih santapan tab DESIGN kemudian pilih salah satu warna yang cocok pada tombol Shading
![]() |
Cara mengendalikan warna judul kolom tabel |
Baca juga: Cara mengulang judul kolom tabel word
Aturlah Desain Warna Isi Sel Tabel
Sobat juga sanggup mengerjakan pengeditan keseluruhan rancangan warna isi sel tabel dengan otomatis, mulai dari judul kolom, warna baris atau kolom yang diselang seling, dll. Caranya yaitu:
1. Seleksi tabel.
2. Klik DESIGN kemudian atur pilihan rancangan digrup Table Style Options kemudian klik ikon More digrup Table Styles. Akan timbul santapan drop-down yang memperlihatkan gaya / rancangan tabel, silahkan pilih salah satu.
![]() |
Mengatur rancangan warna isi sel tabel |
Aturlah Border Tabel
Agar kian menarik, silahkan desainlah border tabel. Caranya yaitu:
1. Seleksi tabel.
2. Pilih DESIGN kemudian klik ikon kecil disudut kanan bawah grup Borders. Akan timbul suatu jendela, kemudian pili tab Borders. Silahkan atur rancangan border menyerupai Style, warna (Color) dan ketebalan border (Width). Bila sudah selesai klik OK untuk menyelesaikan dan menerapkan pilihan yang sudah diatur.
![]() |
Cara rancangan border tabel |