Cara Menghasilkan Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi Di Word

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Bayangkan bila sobat sudah selesai menyusun suatu dokumen atau file berupa makalah, buku, proposal, karya ilmiah ataupun skripsi tapi sobat merasa gelisah sebab tidak tahu menahu cara menghasilkan daftar isi secara otomatis di word.

Dokumen dibentuk memakai word dengan jumlah halaman yang banyak ditambah uraian pemberitahuan yang begitu panjang, tentu lebih anggun bila keseluruhan isi dokumen disusun dalam suatu daftar yang mau memperlihatkan item-item apa saja yang termuat didalamnya. Gunanya yakni untuk membuat lebih gampang dalam menavigasi dan melaksanakan pengeditan kembali jikalau ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Berhubung sebab sudah disertai dengan nomor halaman yang sanggup memberi isyarat untuk mencari letak halaman dengan cepat.

Daftar isi ialah salah satu cuilan penting yang biasanya ada dihalaman permulaan buku atau karya tulis sebelum masuk ke materi inti/pembahasan. Topik besar, judul, sub judul beserta isi dan pembahasan tiap-tiap BAB dari suatu buku, karya tulis, ataupun skripsi terperinci diuraikan dibagian ini.

Bagi orang awam seumpama saya, sebelum membaca keseluruhan isi suatu buku atau skripsi terlebih dahulu saya lihat dahulu apa saja judul dan sub judul yang ada lewat daftar isi. Saya rasa teman-teman juga seumpama itu kan??

Nah, inilah salah satu argumentasi seberapa penting daftar isi itu diangkut dalam suatu dokumen seumpama karya tulis, skripsi terlebih bila dokumen berupa suatu buku.

Rata-rata orang terlebih dahulu memperhatikan isi suatu buku lewat daftar isinya.

Karena hal ini, pada biasanya orang condong mencari bimbingan atau cara menghasilkan daftar isi di google, utamanya bila dokumen dibentuk memakai aplikasi microsoft word.

Makanya pada peluang ini saya akan menerangkan terhadap teman-teman semua cara menjadikannya lengkap dengan klarifikasi yang disertai dengan gambar.

Perlu saya jelaskan bahwa ada dua cara menghasilkan daftar isi di word yakni cara otomatis dan cara manual. Cara otomatis sanggup kita laksanakan dengan mempergunakan fitur Table of Contents, sementara cara manual kita laksanakan dengan mempergunakan fitur Tabulasi (Tab).

Kedua cara ini sama-sama mudah, akhirnya juga tidak jauh beda. Melalui postingan ini, saya akan menerangkan kedua cara ini. Terserah nantinya sobat pilih cara yang mana.

Namun, sebelum masuk ke cuilan bimbingan saya perlu menerangkan perumpamaan daftar isi beserta manfaatnya. Simaklah klarifikasi berikut.



Pengertian dan Fungsi Daftar Isi

Daftar isi yakni susunan judul beserta sub judul pada tiap BAB dari suatu buku atau karya tulis yang disusun secara sistematis, lengkap dengan posisi nomor halaman. Daftar isi berfungsi selaku peta bagi pembaca yang memungkinkan memberi fasilitas dalam mengenali dan mencari pemberitahuan yang ada dalam suatu dokumen menurut judul dan nomor halaman.

Mengapa Harus Mencantumkan Daftar Isi?

Ada beberapa argumentasi mengapa suatu buku, makalah, karya tulis atau skripsi mesti mencantumkan daftar isi.

Untuk memberi kesan profesional. Buku, makalah, karya tulis atau skripsi yang mencantumkan daftar isi biasanya terlihat profesional dan memberi kesan lebih baik bila daripada suatu karya tanpa daftar isi sama sekali.

Memudahkan pembaca mengenali topik suatu dokumen. Dengan adanya daftar isi, pembaca lebih gampang dalam mengenali apa saja topik/pembahasan suatu dokumen.

Membantu pembaca untuk mencari letak suatu topik dengan cepat. Dengan adanya nomor halaman didalam daftar isi maka akan menolong pembaca untuk mendapatkan topik yang ingin dibaca dalam waktu yang singkat.

Contoh Daftar Isi

Saat menghasilkan karya ilmiah seumpama skripsi, makalah atau ajuan tentu memiliki kaidah penulisan yang salah satunya mesti mencantumkan daftar isi.

Bagi siswa ataupun mahasiswa yang kali pertama menghasilkan karya ilmiah tentu gelisah dan agak ragu dalam menulis daftar isi.

Nah pada peluang ini saya akan menyediakan teladan menghasilkan daftar isi karya ilmiah. Cara buatnya pun tidak terlampau sulit. Namun jangan dianggap remeh, kita upayakan mengerjakannya dengan teliti untuk menyingkir dari kesalahan.

Yang terpenting yakni sobat mesti menghasilkan terlebih dahulu rencana kerangka dan susunan judul serta sub-sub judul materi yang mau dibahas.

Dengan ini, sobat jadi gampang untuk mencari klarifikasi materi dan pembagian teratur perihal isi setiap judul dan sub judul yang ada.

Langsung saja berikut contoh-contohnya.

Contoh Daftar Isi Karya Tulis

DAFTAR ISI


LEMBARAN PENGESAHAN........................................................... i
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.......................................... ii
KATA PENGANTAR......................................................................... iii
DAFTAR ISI....................................................................................... iv
DAFTAR GAMBAR/FOTO............................................................... v
  1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar............................................................... 1
  2. Tujuan Pembelajaran............................................................... 1
  3. Materi Pembelajaran............................................................... 2
  4. Tujuan Pembuatan Slide Presentasi Power Point............................................................... 15
  5. Manfaat Pembuatan Slide Presentasi Power Point............................................................... 16
  6. Prosedur Pembuatan Slide Presentasi Power Point............................................................... 16
    1. Pemilihan Tema atau Slide Master............................................................... 16
    2. Pembuatan Tombol Utama............................................................... 17
    3. Cara Mengaktifkan Tombol Utama............................................................... 22
    4. Cara Membuat Kuis............................................................... 24
    5. Cara Menonaktifkan Hyperlink............................................................... 27
  7. Pemanfaatan Slide Presentasi Power Point Dalam Pembelajaran............................................................... 28
BIODATA PENYUSUN............................................................... 31



Contoh Daftar Isi Skripsi

DAFTAR ISI


ABSTRAK........................................................... i
KATA PENGANTAR.......................................... ii
DAFTAR ISI......................................................................... vi
DAFTAR TABEL......................................................................... ix
DAFTAR GAMBAR......................................................................... xiii
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................... xiv
BAB I PENDAHULUAN......................................................................... 1
  1. Latar Belakang Masalah......................................................................... 1
  2. Identifikasi Masalah......................................................................... 5
  3. Batasan Masalah......................................................................... 7
  4. Rumusan Masalah......................................................................... 7
  5. Tujuan Penelitian......................................................................... 7
  6. Hipotesis Penelitian......................................................................... 8
  7. Manfaat Penelitian......................................................................... 8
  8. Asumsi Penelitian......................................................................... 9
  9. Keterbatasan Penelitian......................................................................... 9
  10. Batasan Operasional......................................................................... 9
BAB II KAJIAN PUSTAKA......................................................................... 11
  1. Landasan Teori......................................................................... 11
    1. Hakekat Belajar......................................................................... 11
    2. Strategi Pembelajaran......................................................................... 15
    3. Strategi Pembelajaran Peer Lessons......................................................................... 23
    4. Model Pembelajaran Konvensional......................................................................... 28
    5. Hasil Belajar......................................................................... 30
      1. Pengertian Hasil Belajar......................................................................... 30
      2. Penilaian Hasil Belajar......................................................................... 31
    6. Materi Penelitian: Prisma......................................................................... 33
  2. Kerangka Berpikir......................................................................... 41
BAB III METODE PENELITIAN......................................................................... 44
  1. Rancangan Penelitian......................................................................... 44
  2. Variabel Penelitian......................................................................... 46
  3. Populasi dan Sampel......................................................................... 46
    1. Populasi Penelitian......................................................................... 46
    2. Sampel Penelitian......................................................................... 47
  4. Jenis Data dan Instrumen Penelitian......................................................................... 48
  5. Prosedur Pengumpulan Data......................................................................... 52
  6. Teknik Analisis Data......................................................................... 54
BAB IV TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN......................................................................... 62
  1. Temuan Penelitian......................................................................... 62
    1. Proses Analisi Data......................................................................... 62
    2. Pengolahan Tes Hasil Belajar......................................................................... 65
    3. Nilai Rata-rata Hasil Belajar......................................................................... 66
    4. Standar Deviasi (Simpangan Baku)......................................................................... 67
    5. Uji Normalitas......................................................................... 67
    6. Uji Homogenitas......................................................................... 69
    7. Uji Hipotesis......................................................................... 69
  2. Pembahasan Temuan Penelitian......................................................................... 70
    1. Jawaban Umum Atas Permasalahan Pokok Penelitian......................................................................... 70
    2. Analisis dan Interpretasi Temuan Penelitian......................................................................... 71
    3. Kontras Temuan Penelitian dengan Teori yang Ada......................................................................... 72
    4. Implikasi Temuan Penelitian......................................................................... 73
    5. Keterbatasan Temuan Penelitian......................................................................... 74
BAB V PENUTUP......................................................................... 75
  1. Kesimpulan......................................................................... 75
  2. Saran......................................................................... 76
DAFTAR PUSTAKA......................................................................... 77



Contoh Daftar Isi Makalah

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.......................................... i
DAFTAR ISI......................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN......................................................................... 1
  1. Latar Belakang......................................................................... 1
  2. Tujuan......................................................................... 2
  3. Rumusan Masalah......................................................................... 2
  4. Manfaat......................................................................... 3
BAB I TINJAUAN PUSTAKA......................................................................... 4
  1. Hakikat Pembelajaran......................................................................... 4
  2. Pendekatan Pembelajaran......................................................................... 10
  3. Metode Pembelajaran......................................................................... 25
BAB I PEMBAHASAN......................................................................... 30
  1. Peran Guru dalam Pembelajaran......................................................................... 30
  2. Peran Siswa Pada Proses Pembelajaran......................................................................... 40
  3. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak......................................................................... 45
BAB I PENUTUP......................................................................... 47
  1. Kesimpulan......................................................................... 47
  2. Saran......................................................................... 48
DAFTAR PUSTAKA......................................................................... 50



Format penulisan daftar isi tolong-menolong tidak baku, diubahsuaikan dengan keadaan dan kebutuhan. Hanya saja, daftar isi karya ilmiah dan karya tulis yang bagus dan benar seharusnya dibentuk dengan sederhana tapi hendaknya gampang dimengerti oleh pembaca.

Berikut susunan persyaratan daftar isi karya ilmiah yaitu:
  • Halaman cover
  • Pengesahan
  • Abstrak
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Latar Belakang Masalah
  • Identifikasi Masalah
  • Batasan Masalah
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan
  • Manfaat
  • Kajian Pustaka
  • Kerangka Berpikir
  • Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Saran
  • Daftar Pustaka

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Cara pertama yang saya jelaskan yakni cara otomatis.

Konsepnya yakni judul dan sub-sub judul yang ada dalam suatu dokumen terlebih dahulu dibentuk dalam bentuk heading. Sebagai teladan topik utama atau judul-judul besar seumpama Abstrak, Kata Pengantar, BAB I kita buat menjadi heading 1. Kemudian sub judul dari tiap BAB kita buat menjadi heading 2, sub judul dibawahnya kita buat menjadi heading 3, kalau ada lagi anak judul dibawahnya ya kita buat menjadi heading 4, begitu seterusnya.

Setelah seluruhnya ini dilaksanakan barulah judul dan sub-sub judul tadi kita satukan dan ditampilkan dalam daftar isi.

Oke biar lebih terperinci mari pribadi mempraktekkannya.

Beginilah cara menghasilkan daftar isi otomatis di word

Sebelumnya kita perlu memberi Heading Style pada masing-masing cuilan judul dan sub judul dokumen

Ini juga sanggup menolong untuk melaksanakan update sekaligus dari daftar isi sebab pribadi mendeteksi letak nomor halaman dari setiap halaman dokumen word. Jadi, mudah-mudahan nomor halamannya auto terdeteksi sebaiknya buat dahulu nomor halaman.

Pada bimbingan ini saya memakai microsoft word 2013 dengan teladan dokumen penunjang yakni skripsi. Namun jangan khawatir, bimbingan ini kompatibel untuk semua model microsoft word.

Cara Memunculkan Jendela Style Judul

1. Bukalah file/dokumen yang ingin dibuatkan daftar isi, misalnya dokumen skripsi.

2. Pada hidangan tab HOME, klik suatu kotak kecil yang ada digrup Styles.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

3. Akan menimbulkan jendela styles disisi kanan dokumen word. Jendela styles ini sanggup juga ditampilkan dengan menekan tombol shortcut Alt + Ctrl + Shift + S pada keyboard. Jendela styles sanggup sobat lihat lewat gambar berikut.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Melalui jendela ini nantinya kita ubah satu per satu style judul tiap cuilan dan juga sub-sub judul cuilan pada dokumen. Ikuti cara melakukannya pada klarifikasi berikut.

Cara Membuat Judul BAB Dokumen

Kita teruskan dengan menghasilkan heading pada topik utama atau judul besar yang mau kita masukkan ke dalam daftar isi, misalnya Abstrak, Kata Pengantar, BAB I, dst. Berikut langkah-langkahnya.

1. Kita awali di halaman Abstrak. Mula-mula ketik judulnya kemudian letakkan kursor di permulaan kata "ABSTRAK", kemudian pada jendela Styles klik Heading 1.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

2. Hasilnya yakni judul "ABSTRAK" yang semula berwarna hitam menjelma warna biru dan berada disisi tepi kiri baris. Hasil ini sama untuk semua penerapan style heading pada tiap-tiap judul. Untuk pengaturan formatnya akan saya jelaskan dibagian selanjutnya.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

3. Lanjutkan dengan melaksanakan cara ini pada judul halaman KATA PENGANTAR, ubah juga menjadi heading 1.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

4. Demikian halnya sobat laksanakan untuk setiap judul mulai dari daftar isi, daftar gambar, daftar lampiran hingga judul-judul BAB dari BAB I hingga BAB V. Sebagai teladan sokongan style heading 1 pada BAB I.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

5. Namun ada satu hal penting yang perlu kita atur bila judul kita ubah menjadi heading 1. Sebagai teladan pada gambar diatas, halaman BAB I PENDAHULUAN terlihat bahwa judulnya terbagi menjadi dua baris. Agar nantinya judul ini tertulis satu baris saja dihalaman daftar isi maka laksanakan langkah ini. Letakkan kursor sebelum kata PENDAHULUAN, kemudian klik tombol Backspace di keyboard sehingga kata BAB I PENDAHULUAN menjadi satu baris.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

6. Masih pada posisi yang sama, klik tombol Shift + Enter secara berbarengan dikeyboard. Sepintas akhirnya sama seumpama sebelumnya, judul BAB menjadi dua baris. Namun dengan langkah ini yang timbul di daftar isi nantinya cuma satu baris saja. Jangan lupa laksanakan langkah yang serupa kesemua judul BAB yang berisikan dua baris.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Cara Membuat Sub Judul BAB Serta Mengatur Penomorannya

Kita juga perlu menghasilkan sub judul tiap BAB, misalnya cuilan dari BAB I seumpama latar belakang masalah, identifikasi masalah, batas-batas masalah, rumusan dilema dan seterusnya. Beginilah cara melakukannya.

1. Arahkan dan letakkan kursor di permulaan kata sub judul Latar Belakang Masalah, kemudian pada jendela Styles klik Heading 2.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

2. Buat hal yang serupa untuk sub judul berikutnya. Contoh hasil penerapan heading 2 pada sub judul Identifikasi Masalah.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

3. Jika ada anak cuilan dari sub judul, misalnya BAB II dengan sub judul Landasan Teori memiliki sub sub judul seumpama Hakekat Belajar dan Strategi Pembelajaran, maka yang sobat klik yakni Heading 3. Demikian bila ada sub judul dibawahnya klik Heading 4 ataupun Heading 5. Lakukan hal ini untuk semua sub judul yang mau diangkut di daftar isi.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

4. Kalau kita perhatikan, sokongan heading pada sub judul akan menetralisir penomoran (numbering) yang sudah dibentuk sebelumnya. damai saja, kita sanggup mengaturnya kembali.

Sebagai teladan pada BAB I, sub judul Latar Belakang Masalah. Arahkan kursor ke permulaan kata sub judul tersebut.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

5. Pada hidangan tab HOME, klik salah satu pilihan Numbering di cuilan grup Paragraph. Misalnya memakai style penomoran huruf huruf kapital, maka pilih pilihan seumpama isyarat pada nomor 3.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Sobat juga sanggup menegaskan jenis style lainnya dengan menggulir mouse kebawah, ada banyak pilihan yang tersedia disana. Silahkan pilih salah satu saja.

6. Sesuaikan posisi sub judul dan penomorannya dengan memindah tab Left Indent di ruler cuilan atas ke sebelah kiri batas tepi.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Lakukan hal yang serupa untuk semua sub judul maupun sub sub judul dibawahnya yang sudah sempat hilang setelah menerapkan style heading.

Agar isi atau materi dalam dokumen tidak terbawa ke dalam daftar isi, maka tetapkan semua goresan pena isi memakai style Normal ataupun No Spacing, bukan dalam format Heading. Bila tidak, maka semua seluruhnya akan tampil didaftar isi. Ingat bahwa semua jenis style heading akan dimunculkan di daftar isi, sekalipun itu cuma pembahasan atau isi dokumen.

Merapikan dan Mengatur Format Huruf Pada Judul dan Sub Judul

1. Ada kalanya performa halaman berantakan, selaku teladan BAB I PENDAHULUAN sudah naik ke halaman sebelumnya misalnya ke halaman DAFTAR GAMBAR. Nah, kita perlu merapikannya dengan mengembalikan ke performa semula yakni judul BAB I PENDAHULUAN berada diposisi permulaan halaman. Caranya yakni letakkan kursor pada permulaan kata BAB I, kemudian tekan Ctrl + Enter , maka BAB I tersebut akan pribadi berpindah ke permulaan halaman berikutnya.

2. Atur format huruf pada heading misalnya kita samakan semua jenis huruf yang digunakan yakni Times New Roman dan warna huruf menjadi hitam. Jangan lupa juga mengendalikan gaya huruf Bold dan ukuran huruf misalnya 12pt atau 14pt. Untuk Heading 1, atur mudah-mudahan posisi judul berada ditengah-tengah baris (center). Heading 2, 3, dst posisikan disebelah tepi kiri halaman.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

3. Sobat juga sanggup melaksanakan pengaturan tetap dan otomatis pada semua format huruf khususnya untuk heading secara sekaligus. Hasilnya pun berlaku untuk semua jenis style heading yang diseleksi dikala pribadi diterapkan. Sebagai teladan kita ubah format huruf pada Heading 1. Caranya yakni klik hidangan tab HOME kemudian klik kanan pada Heading 1 yang ada dibagian grup Styles kemudian pilih Modify...

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

4. Akan timbul jendela Modify Style. Lalu ubah format huruf seumpama jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf, posisi heading, dll dibagian Formatting.

Sebagai teladan jenis huruf yang digunakan Times New Roman, ukuran huruf 12 pt, gaya huruf Bold, warna huruf hitam, posisi judul ditengah-tengah (center) serta memakai spasi 2. Hasil format huruf yang diseleksi pribadi tampil dibagian preview. Klik OK untuk menyimpan format huruf heading 1.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Dengan menerapkan format ini maka ditentukan dikala sobat merubah judul menjadi heading 1 maka akan mengikuti jenis, warna, gaya, dan ukuran huruf sesuai yang kita atur barusan. Lakukan juga langkah ini pada heading 2, heading 3, dst dengan mengikuti pengaturan format huruf seumpama langkah 2 sebelumnya. Berikut teladan format huruf heading 2.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Mudahkan teman-teman??? Selain tidak ribet, saya rasa cara ini cukup simpel dan praktis.

Cara Memasukkan Daftar Isi Otomatis

Langkah terakhir yakni dengan memasukkan list judul dan sub-sub judul sesuai jenis heading yang kita atur ke dalam daftar isi secara otomatis. Hanya saja tetapkan dahulu sokongan heading judul dan sub judul sudah dilaksanakan dengan benar. Berikut tindakan untuk memasukkan daftar isi ke dalam word.

1. Letakkan kursor pada halaman dimana teman-teman akan menaruh cuilan daftar isi. Misalnya kita taruh pada halaman setelah Kata Pengantar. Tekan Ctrl + Enter dari tamat halaman kata pengirim sehingga terbentuk halaman kosong gres dibawahnya.

2. Lalu ketik judul halaman DAFTAR ISI kemudian pilih jenis style heading 1.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

3. Tekan Enter sebanyak 2 kali, kemudian blok kemudian pilih jenis style No Spacing di jendela style.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

4. Selanjutnya kita isi klik hidangan tab REFERENCES kemudian pilih sub hidangan Table of Contents kemudian pilih Automatic Table 1

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

5. Akan timbul daftar isi beserta posisi nomor halaman seumpama gambar berikut.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Karena tidak dikehendaki silahkan hapus kata Contents.

6. Tidak tertutup kemungkinan kita akan mengedit kembali daftar isi misalnya memperbesar content untuk daftar isi, memperbesar atau menghemat isi materi sehingga membuat terjadinya pergeseran halaman, caranya yakni sobat tinggal meng-klik Update Table yang terdapat pada cuilan atas halaman Tabel of Content. Maka akan timbul performa berikut ini.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

7. Ada dua pilihan yang tersedia. Pilihan pertama yakni Update page numbers only, diseleksi jikalau sobat cuma mengedit materi (mengurangi, memperbesar atau memperbaiki materi pembahasan) artinya pergeseran cuma terjadi pada nomor halaman saja.

8. Pilihan kedua Update entire table, diseleksi jikalau sobat sudah melaksanakan pergeseran atau perbaikan pada heading.

9. Hasil yang kita temukan dari kedua pilihan ini yakni sama-sama kita temukan pembaharuan daftar isi secara otomatis. Sebagai contoh, saya akan memperbesar halaman daftar gambar, jadi judulnya saya pilih jenis style heading 1. Hasilnya akan memperbesar halaman DAFTAR GAMBAR disertai dengan letak nomor halamannya.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

10. Kita juga sanggup mengendalikan jenis heading yang tampil pada daftar isi. Mungkin saja kita bermaksud memperlihatkan heading 4, ataupun kita cuma memperlihatkan hingga heading 2 saja. Karena secara default yang tampil cuma hingga heading 3 saja. Inilah cara yang kita lakukan.

Pada hidangan tab REFERENCES pilih sub hidangan Table of Contents kemudian klik pada Custom Table of Contents

11. Akan timbul jendela Table of Contents. Lalu klik Options, timbul kembali suatu jendela Table of Contents Options. Gulir mouse hingga tampilannya seumpama gambar berikut.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Pada jendela ini, ketik angka 4 dikotak yang tersedia jikalau sobat memperlihatkan hingga heading 4 di daftar isi. Demikian bila seterusnya ditampilkan hingga heading 5, ketik angka 5.

Namun jikalau sobat cuma menimbulkan hingga heading 2 saja maka sobat perlu meniadakan angka 3 dikotak yang ada. Penghapusan ini dibarengi dengan hilangnya tanda ceklis disisi kiri jenis header. Ceklis ini membuktikan jenis header yang ditampilkan di daftar isi. Klik OK untuk menyelesaikan dan menyimpan.

12. Lihat pergeseran jenis header yang tampil di cuilan Print Preview jendela Table of Contents Options. Akhiri dengan klik OK.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Sekarang pada daftar isi sudah tampil hingga heading 4.

13. Selanjutnya rapikan performa daftar isi dengan memindahkan posisi judul dan sub judul dengan mempergunakan fitu First Line Indent, Hanging Indent, dan Left Indent yang ada diruler cuilan atas. Inilah hasil tamat daftar isi otomatis.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Gimana teman-teman?? Tidak ada halangan hingga tahap ini kan?? Saya harap hingga langkah ini teman-teman tidak kelelahan dan mau melanjutkan untuk mengikuti tindakan menghasilkan daftar isi secara manual.

Cara Membuat Daftar Isi Manual Dengan Tabulasi

Awal menghasilkan daftar isi, saya memakai cara manual ini. Melalui cara ini, bentuk dan performa daftar isi sanggup kita atur sesuai impian kita.

Selain itu, daftar isi juga akan terlihat rapi. Langkah-langkah menjadikannya pun relatif mudah.

Walaupun cara menjadikannya secara manual akan tapi kita cukup melaksanakan sekali saja dibagian awal, untuk seterusnya akan terisi secara otomatis.

Maksudnya gimana ya??

Langsung saja, gak perlu banyak basa bau teman-teman, nanti juga teman-teman akan mengetahui sendiri apa yang saya maksudkan setelah mengikuti tindakan pada bimbingan ini.

Untuk melaksanakan cara ini kita memerlukan suatu fitur yang tersedia di microsoft word yakni tabulasi (tab).

Beginilah cara menghasilkan daftar isi manual di word

1. Bukalah Microsoft Office Word 2007, 2010, 2013, atau 2016.

2. Aturlah ukuran margin halaman pada hidangan kafetaria page layout.

3. Ubahlah styles tulisan/teks dengan menegaskan No Spacing. Styles No Spacing mempunyai kegunaan untuk mengendalikan mudah-mudahan baris dalam tulisan/teks tidak punya spasi.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

4. Ketiklah judul DAFTAR ISI.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

5. Bloklah judul, kemudian aturlah jenis huruf, ukuran huruf dan gaya huruf pada Menu Bar Home kemudian pilih icon yang tepat di Tool Bar Font. Misalnya, pada bimbingan ini jenis hurufnya: Times New Roman, Ukuran Huruf: 14pt, gaya huruf: Bold.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

6. Selanjutnya aturlah posisi teks pada hidangan tab Home kemudian pilih icon Center pada Tool Bar Paragraph, atau tekan Shortcut Ctrl + E.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

7. Tekan Enter, kemudian atur kembali ukuran huruf: 12pt dan klik kembali icon Bold mudah-mudahan huruf menjadi wajar (Unbold). Aturlah posisi teks Menu Bar Home dengan menegaskan icon Align Left, mudah-mudahan posisi teks berada di sebelah kiri halaman. Tekan kembali Enter sebanyak 2 kali.

8. Ketiklah teks selanjutnya, misalnya LEMBAR PENGESAHAN. Pada hidangan tab Home pilih icon Paragraph Settings di sebelah sudut kanan bawah pada Tool Bar Paragraph.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

9. Akan Muncul Kotak Paragraph. Kemudian pilih Tabs... pada sudut kiri bawah kotak.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

10. Sampai langkah ini teman-teman tidak punya halangan kan?? Semoga saja tidak, hehehehe. Mari kita lanjut teman-teman.

Biasanya akan timbul kembali kotak Tabs, ukurannya kecil tapi berlainan dengan kotak sebelumnya. Pada kotak ini kita atur posisi dan juga tindakan yang timbul setelah menekan tombol tab, berikut langkah yang mesti kita laksanakan beserta penjelasannya:

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

  • Pada kotak Tab stop position: ketiklah angka 15,5. Gunanya mudah-mudahan tab yang kita buat akan berhenti/berakhir pada posisi 15,5 cm dari sebelah kiri halaman. Posisi ini sanggup ditukar-tukar dengan menyesuaikan pada ukuran halaman. Akan tapi disarankan jangan terlalu akrab dengan kanan halaman sebab masih ada teks yang mau kita ketik disebelah kanan halaman yakni nomor halaman.

  • Pada Alignment pilih Left. Selanjutnya pada Pada Leader pilih angka 2. Pilihan ini tujuannya yakni dikala kita tekan tombol Tab di keyboard maka akan memperlihatkan tanda titik-titik dari posisi permulaan kursor hingga ke Tab stop position. Pilihan leader ini sanggup juga dengan menegaskan angka 3 atau 4, sesuaikan dengan impian teman-teman.

  • Kemudian klik Set. Setelah itu, angka 15,5 akan timbul pada kotak dibawahnya.

  • Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

  • Keseluruhan pengaturan tab ini bermaksud mudah-mudahan sewaktu kita menekan tombol Tab maka akan memperlihatkan titik-titik terlebih dahulu dan rampung pada posisi 15,5 cm.

  • Selanjutnya klik OK.

TIPS: Jika sobat ingin meniadakan atau merubah pengaturan awal, klik tombol Clear. Jika ingin meniadakan atau mereset seluruh pengaturan yang ada silahkan klik tombol Clear All

11. Coba tekan tombol Tab. Hasilnya selaku berikut.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

12. Selanjutnya pada pilihan tab silahkan klik hingga ada pilihan Right Tab. Jangan hingga salah ya, mesti Right Tab.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

13. Letakkan Right Tab tersebut pada Ruler. Misalnya, pada bimbingan ini ditaruh pada posisi 16,25 cm dari sebelah kiri halaman. Pada tab ini nantinya kita akan mengetik nomor halaman dan nomor halaman sejajar dari sebelah kanan.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

14. Setelah selesai diletakkan, selanjutnya tekan kembali tombol Tab. Kemudian ketiklah nomor halaman.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

15. Tekan Enter untuk menghasilkan garis baru.

16. Ketiklah sub judul berikutnya, tekan Tab, kemudian tekan Tab sekali lagi, kemudian ketik nomor halaman. Lakukan langkah yang serupa untuk seterusnya.

Cara menghasilkan daftar isi menggukan tabulasi di word Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word

Nah, inilah yang saya maksudkan tadi, kita cuma melaksanakan pengaturan manual sekali saja, cuma di cuilan awal. Untuk selanjutnya akan mengikuti pengaturan tab yang kita laksanakan sebelumnya. Dengan kata lain, akan secara otomatis mengikuti pengaturan manual yang kita laksanakan di cuilan awal.

Sekarang kita tinggal melanjutkan dengan mengetik judul dan sub judul kemudian tekan tombol Tab kemudian ketik nomor halaman. Lakukan hal ini hingga semua judul dan sub judul yang ada dalam dokumen termuat di dalam daftar isi.

Bagaimana teman-teman? Mudahkan?? mudah-mudahan saja teman-teman sanggup mengikuti tindakan yang saya paparkan.

Terakhir, bila semua sudah selesai dilaksanakan simpanlah filenya. Bila ada yang kurang dikenali jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan di kolom komentar, saya siap menolong dan menyediakan klarifikasi terhadap teman-teman semua.

Demikian Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Tabulasi di Word dan mudah-mudahan bermanfaat. Ya'ahowu.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post